Kontraktor Pembangunan Ruang Kelas MAN 1 Bandar Lampung Dinilai Abaikan Keselamatan Pekerja

Kontraktor Pembangunan Ruang Kelas MAN 1 Bandar Lampung Dinilai Abaikan Keselamatan Pekerja

Kanalvisual.com - Bandar Lampung - Pelaksana pekerjaan pembangunan ruang kelas Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bandar Lampung yang dikerjakan oleh Kontraktor CV. Daenk Kobum Konstruksi.

Pekerjaan tersebut dinilai tidak mematuhi K 3 dan mengabaikan keselamatan Pekerja. Hal tersebut ditemukan saat Tim Awak Media melakukan investigasi di lapangan. 

Dimana, dalam peraturan tertulis jelas, bahwa setiap pembangunan kontruksi darat, Laut dan udara harus menggunakan safety, hal ini wajib dilaksanakan oleh setiap Kontraktor.

Berdasarkan aturan K 3, maka Kontraktor dalam hal ini CV Daenk Kobum Konstruksi wajib menggunakan, APD Konstruksi pakai pelindung kepala (helm safety), pelindung mata (spectacles atau goggles), pelindung pernafasan (respirator atau masker), pelindung pendengaran (earmuff atau earplug), pelindung tangan (sarung tangan safety), alat pelindung jatuh (body harness, lanyard), pelindung kaki (sepatu safety), rompi safety. Pakta di lapangan, semua itu diabaikan oleh pihak Rekanan, Pekerja dan Pengawas

Menurut Pengawas pekerjaan pembangunan gedung  RKB MAN 1 Bandar Lampung, Irwan,  Selasa (25/06/2024), pekerjaan tersebut dilaksanakan oleh CV Daenk Kobum Konstruksi dengan Nomor kontrak B-391/PPK.04/SBSN/03/2024 dengan Nilai Kontrak Rp. 2.717.329.293.00 merupakan milik Aproji atau sering di pangil Oji. 

Lanjutnya, pekerjaan ini diawasi oleh Kejaksaan.

"Pekerjaan ini diawasi Kejaksaan Tinggi. Kemarin mereka juga turun melakukan pemeriksaan pekerjaan ini jadi semua telah diperiksa," jelas Irwan.

Sampai berita ini diterbitkan, belum ada tanggapan dari pihak Kontraktor Pelaksana dan dari Kantor Wilayah Kementerian Agama RI Prov. Lampung. (Tim).