KPUD Rohil Coffee Morning Bersama Awak Media, Wujudkan Pilkada Serentak 2024 Berkualitas

KPUD Rohil Coffee Morning Bersama Awak Media, Wujudkan Pilkada Serentak 2024 Berkualitas

Kanalvisual.com - Rohil, Riau - KPUD Rohil mengadakan Coffee Morning bersama Awak Media dalam rangka wujudkan Pilkada serentak yang Jujur dan Adil, Aman serta Damai Berkualitas. Agar dapat menghasilkan Pemimpin yang Amanah dan Bertanggung Jawab. Acara dilaksanakan pada Jumat,(07/06/2024) 

Dalam acara tersebut dihadir Ketua KPU, Eka Murlan, S.E.Sy, jajaran Komisioner, Kasat Intel Polres Rohil, AKP Rafidin Lumbangaol, S.H, serta Kasi Datun Kejari Rohil, Rendi Panalosa, S.H., M.H.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Rohil  mengapresiasi kehadiran semua pihak pada kegiatan yang dilaksanakan. Dimana, mereka ingin mengajak pihak-pihak terkait dan berdiskusi santai bersama rekan media, karena momen ini sudah lama diagendakan.

"Namun akibat banyaknya kegiatan yang harus kami tuntaskan, termasuk adanya gugatan di MK yang harus kita selesaikan terlebih dahulu, sehingga kegiatan ini tertunda dan baru dapat Kita laksanakan hari ini," ungkap Eka.

"Kami mengucapkan permohonan maaf kepada rekan-rekan media, mudah - mudahan dengan adanya acara ini menjadi kesempatan bagi Kita untuk saling berbagi dan memberi masukkan, agar dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk perbaikan," ujarnya. 

Lebih lanjut dijelaskan Eka, terkait kinerja yang akan dilakukan KPU Rohil tentu tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak terutama media. Untuk itu mereka berharap dukungan untuk seluruh tahapan yang akan dilaksanakan agar dapat berjalan dengan baik dan lancar.

"Kami berharap peran dari rekan media menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam ajang pesta demokrasi nantinya. Sebagai ujung tombak dalam penyebar luasan informasi dan publikasi yang akan disampaikan ke tengah-tengah masyarakat," pinta Eka.

Ditambahkannya, sebagai sosial kontrol terhadap penyelenggaraan Pilkada, nantinya apabila ada temuan dilapangan, khususnya terhadap penyelenggara Pikada yang akan dilaksanakan mohon dilakukan kontrol yang baik. 

Peran media sangatlah diharapkan saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), dalam hal ini guna penyebar luasan informasi kepada masyarakat luas agar dapat diketahui. 

Selain itu, media sebagai sosial kontrol dalam mengawasi Penyelenggara Pemilu, juga harus benar-benar dapat berjalan sesuai fungsinya, utamanya memberikan masukan atau informasi yang akurat kepada Penyelenggara Pemilu guna menghasilkan proses Demokrasi yang semakin baik.

Jika ada yang butuh dikoordinasikan dengan KPU, Eka mengatakan, pihaknya siap membuka diri dan berharap agar dilakukan konfirmasi yang utuh sebelum terlanjur diberitakan ke tengah masyarakat, Agar tidak timbul opini. 

"Insya Allah Kami siap untuk memberikan tanggapan, sesuai dengan ketentuan, regulasi yang berlaku," katanya. 

Pada kesempatan pemaparan terkait kerawanan Pilkada Rohil yang disampaikan oleh Kasat Intel, AKP Rafidin, bahwa dalam pelaksanaan Pilkada ditegaskan cara untuk mencegah tindak pidana dalam Pilkada.

Kasi Datun Kejari Rohil, Rendi, dalam sambutannya juga berharap, semoga dalam Pikada tahun ini benar-benar dapat menghasilkan pelaksanaan yang dapat mewujudkan integritas Jujur dan Adil (Jurdil). 

"Agar dapat menghasilkan pemimpin yang baik jujur dan penuh rasa tanggung jawab dalam menjalankan tugasnya dimasa yang akan datang," harapnya. (Jekson, S.H).