Minta Semua Pihak Waspadai Stunting, Bunda PAUD Riau Hadir di Rohil

Minta Semua Pihak Waspadai Stunting, Bunda PAUD Riau Hadir di Rohil

Kanalvisual.com - Rohil, Riau - Bunda PAUD Riau, Adrias Hariyanto mengingatkan semua pihak di Rokan Hilir (Rohil) untuk mewaspadai terjadinya Stunting. Bunda PAUD berharap, Balita di Negeri Seribu Kubah dalam kondisi sehat. 

Imbauan itu disampaikannya saat menghadiri Roadshow Gerakan Berantas Stunting Tahun 2024 di Bagansiapiapi, Sabtu (22/06/2024/). Kegiatan yang dipusatkan di Gedung H Misran Rais itu, mengambil tema “Cegah Sutting Demi Generasi Unggul Penerus Bangsa”.

Kedatangan Bunda PAUD Riau dan rombongan disambut langsung Bupati Rohil, Afrizal Sintong, Bunda PAUD Rohil, Sanimar, Sekdakab Rohil, Fauzi Efrizal, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Rohil, Asril Arief. 

Ikut hadir dalam kesempatan itu, Deputi Kemenpora RI, Komjen Polisi (Purn) Drs Rudi Sufariadi, para Pimpinan PAUD, Guru-Guru dan undangan lainnya. 

Dalam kesempatan itu, Adrias Hariyanto mengingatkan pentingnya semua pihak berusaha semaksimal mungkin dalam mencegah terjadinya stunting. 

Pihaknya juga terus berkoordinasi dengan DPP PAUD untuk menggalakkan program ini. Termasuk dengan mengunjungi seluruh kabupaten dan kota di Riau.

"Ini tugas Kita semua untuk memperhatikan kondisi anak-anak kita. Khususnya dari Pengurus PAUD. Mencegah lebih baik daripada terjadi, ingat ini," pintanya. 

Sementara utu, Bupati Rohil, Afrizal Sintong mengatakan, Pemkab Rohil senantiasa mendukung program yang menyangkut pencegahan stunting tersebut. 

"Untuk diketahui, pada tahun kemarin kita dapat penghargaan dalam hal menangani kasus stunting dan trofinya diserahkan oleh Wakil Presiden,’’ ujarnya. 

Pihaknya juga terus menjaga komitmen dalam menangani kasus stunting. "Jika ditemukan, Kami akan kejar dan jemput serta menanganinya, ini sudah kita buktikan. Alhamdulillah sejauh ini lancar dan baik-baik saja," tambahnya. 

Kegiatan roadshow tersebut berjalan lancar dan meriah. Dalam kesempatan itu, Panitia Pelaksana yang merupakan kumpulan Guru PAUD di Rohil,  menghadirkan hampir 1.000 Peserta Didik PAUD berusia 4-5 tahun yang mengenakan busana  adat dari berbagai provinsi di Indonesia. 

Mereka unjuk kebolehan dengan menyanyi dan menari di atas pentas sehingga membuat suasana riuh dengan suara sorakan.

Saat memasuki lokasi acara, mereka juga disambut dengan Pencak Silat oleh dua Pesilat dari anak PAUD dan pengalungan bunga.

Di puncak acara, Bupati menyerahkan piagam penghargaan kepada beberapa guru dan para pelaku PAUD di Rohil.  (Jekson, S.H).